Pengertian Tipografi Dalam Desain Grafis

Pengertian Tipografi Dalam Desain Grafis – Tipografi yakni ilmu memilah dan menata huruf/font sesuai dengan pengaturannya pada ruang tertentu yang tujuannya untuk membuat kesan tertentu

Sehingga membantu pembaca merasa nyaman dalam menikmati sebuah karya. Dan tujuan lain juga untuk membuat unsur keindahan dalam sebuah karya. Tipografi juga sanggup diartikan karya desain yg memakai huruf/font sebagai elemen utamanya. Dalam tipografi, fungsi karakter sebagai lambang suara akan diabaikan.


Pengertian Tipografi Dalam Desain Grafis  Pengertian Tipografi Dalam Desain Grafis



Huruf/font yakni teman bagi para desainer grafis. Siapa yg tida kenal dengan huruf/font coba ?. Jumlah keseluruhan karakter ada 26, dan bersifat universal. Namun pada setiap kebudayaan yg ada jumlahnya tidak melulu harus 26.

Penggunaan karakter bagi seorang desainer grafis yakni bagakan teman yg selalu ada dalm setiap karya desain. Makara sebelum menjadi seorang desainer grafis hendaklah kita selalu mengenal dan suka serta memperhatikan bentuk dan sifat karakter tersebut.

Sejarah perkembangan tipografi dimulai dari penggunaan pictograph. Bentuk bahasa ini dipakai oleh bangsa Viking Norwegia dan Indian Sioux. Di Mesir, berkembang jenis karakter Hieratia, yg dikenal dengan nama Hierograph pada aba 1300 SM. Bentuk tipografi ini merupakan dasar dari bentuk Demotia, yg mulai dtulis  dengan pena khusus. Bentuk tipografi ini risikonya berkembang hingga di Kreta, kemudian menjalar ke Yunani dan risikonya menyebar ke Eropa.

Pada ketika Romawi mulai membentuk kekuasaannya pada masa 8 SM di Roma, ketika itulah puncak perkembangan tipografi. Hal itu dikarenakan bangsa Romawi tidak mempunyai sistem goresan pena sendiri sehingga mereka mempelajari sistem goresan pena Etruska yg merupakan penduduk orisinil Italia. Dan bengsa Romawi menyempurnakannya hingga terbentuklah karakter Romawi.
Saat ini tipografi sudah berkembang dari fase penciptaan dengan tangan hinggan menjadi komputerisasi. Fase komputerisasi membuat penggunaan tipografi menjadi lebih gampang dan lebih cepat. Saat ini jenis karakter sudah mencapai ribuan.

Tipografi dibagi menjadi 2 macam, yaitu :
  • Tipografi, yaitu ilmu memilah dan menata huruf/font sesuai dengan pengaturannya pada ruang tertentu yg bertujuan untuk membuat kesan tertentu. Sehingga membantu pembaca merasa nyaman dalam menikmati sebuah karya.
  • Seni tipografi, yaitu karya desain yg memakai huruf/font sebagai elemen utamanya.


Tipografi berdasarkan Roy Brewer (1971) sanggup mempunyai pengertian luas yg mencakup penataan dan pola halaman. Atau dalam pengertian yg lebih khusus mencakup pemilihan, penataan dan banyak sekali hal yg terkait dalam pengaturan baris-baris karakter (typeset).

Sedangkan pesan tipografi untuk mengkomunikasikan pandangan gres atau pesan secara tidak sadar ataupun sadar selalu bekerjasama dengan seni tipografi. Kita juga setiap hari selalu bekerjasama dengan tipografi. Sebagai pola layout halaman koran atau majalah, penataan teks pada halaman web, dll.

Dalam pemilihan jenis huruf, yg harus diperhatikan yakni karakter produk yg akan ditonjolkan dan juga segmen pasar. Misal produk winyak amis untuk wanita, jarang munggunakan jenis karakter Egyptian alasannya terkesan berpengaruh dan keras, lebih cocok mengguakan jenis karakter Roman yg bersifat klasik dan lembut sehingga cocok engan karakter wanita.

Jika dilihat berdasarkan sudut geometri dan garis dasar yang membetuknya. Huruf dikelompokkan ke dalam 4 jenis, Yaitu :
  • Kelompok garis tegak datar
Adalah E F H I L
  • Kelompok tegak miring
Adalah A K A M N V Z X Y W
  • Kelompok garis tegak lengkung
Adalah B D G J P R U
  • Kelompok garis lengkung

Adalah C O Q S


Demikian sedikit pembahasan Pengertian Tipografi Dalam Desain Grafis. Semoga bermanfaat bagi kita.

Related Posts