Mudah Memahami Fungsi If, Or Atau And Dalam Ms. Excel

Selamat tiba kembali kawan  Tasya dimanpun anda berada yang kini sudah menemukan blog catatan harian dan juga beberapa tutorial seputar dunia Ms Office. alasannya seringnya saya memakai Ms. Office dalam acara kuliah saya, saya jadi tertarik untuk membagikan beberapa hal yang saya ketahui terkair Cara Menggunakan Ms Office. Mungkin diluar sana sudah banyak Blog atau Web yang membahas hal yang sama, namun dengan tutorial blog bahasa indonesia ini, saya harapkan semoga kita sanggup saling membuatkan pengetahuan, waluapu menyerupai pengetahuan Cara menciptakan Air panas.. hehe.


Dalam kesempatan ini kita akan sedikit membahas  Fungsi IF, OR atau AND dalam MS. Excel karena kalau ini di dalami lagi masih sanggup di jabarkan sampai puluhan postingan artikel tutorial. semoga sanggup saya bagikan di postingan selanjutnya. baiklah kali ini kita masih berguru dasar logika penggunaan Fungsi IF, OR atau AND dalam MS. Excel supaya kita punya pondasi terlebih dahulu.

Memahami Fungai IF

Jika kau gres berguru ihwal fungsi If, maka anda harus pahami terlebih dahulu dalam penyusunan rumus If yang benar mirip berikut.

=IF(logical_test,value_if_true, value_if_false)
Keterangan :
                                                                      
#logical_test =Dijadikan sebagi variabel penguji

#value_if_true = nilai yang akan dihasilkan kalau logical_test (variabel penguji) bernilai TRUE (Benar)

#value_if_false = nilai yang akan dihasilkan kalau logical_test (variabel penguji) bernilai FALSE. kita juga sanggup mengisi value_if-false dengan kondisi yang lain (untuk kasus ini anda sanggup membaca Menggunakan Fungsi IF bertingkat.
                                                                      


dari klarifikasi di atas maka kita tahu bahawa itu yaitu berapa perintah dasar untuk penggunaan Fungsi IF.  di lain kesempatan akan kita bahas lebih luas lagi, Follow akun saya untuk Update selanjutnya. Hehe.

Memahami Fungai And dan OR

dalam penggunaakan Rumus Fungsi AND dan OR hampir sama dengan penggunaan rumus IF mirip yang sudah kita pelajari diatas. dari kedua Funsi logika AND dan OR ini akan menghasilkan sebuh niai FALSE dan TRUE  dan berikut yaitu rujukan penerapannya.

=AND(logical1, logical2, logical…,logical…., logicalN)

logical1, logical2, logical…, logical…,logicalN = yaitu yang kita siapkan untuk di uji,

Agar kita lebih paham dalam penggunaan And dan OR ini kita sanggup lihat gambar di bawah ini

dari gambar di atas kita sanggup klarifikasi mirip berikut : dari kolom KETERANGAN diisi dengan =AND(A3>=60, B3>=60), logical1 = A3>=60, dan logical2 B3>=60, artinya kolom KETERANGAN akan bernilai TRUE kalau dua kondisi  logical1 (A3>=60) dan logical2 (B3>=60) memenuhi syarat (seperti pada cell C3 bernilai TRUE alasannya nilai cell A3 = 70 artinya memenuhi syarat dari kondisi logical1 A3>=60, begitu B3 memenuhi syarat dari kondisi logical2).  Sedangkan pada cell C4 bernilai FALSE alasannya salah satu syarat dari dua kondisi tidak dipenuhi yaitu logical1 (A4>=60) dan nilai dari A4 yaitu 55 maka tidak memenuhi syarat. Fungsi AND akan bernilai TRUE kalau semua syarat kondisi (logical) dipenuhi.

Sumber :http://tutorialmicrosoftexcel.net/menggunakan-fungsi-if-dan-or-atau-and/

Related Posts