Rumus If Excel Dan Multi If Excel

Rumus IF excel dan Multi IF excel merupakan salah satu rumus excel yang sering di pakai user (pengguna) untuk mendapat hasil analisa sesuai yang di inginkan, rumus IF atau kalau di artikan “jika” bergotong-royong tidak hanya sering kita temui dalam excel saja, melainkan di bahasa pemprograman juga sering di temui, alasannya yakni memang IF menyatakan kondisi yang sanggup di terapkan di banyak aspek sesuai kebutuhan masing-masing orang (user).
Fungsi Rumus IF Excel dan Multi IF Excel
Secara umum fungsi IF untuk menguji suatu kondisi dengan memakai rumus IF tunggal yang biasanya memiliki nilai 2 opsi pilihan
Sedangkan fungsi Multi IF merupakan rumus untuk menguji suatu kondisi dengan memakai rumus IF yang lebih dari satu di dalam satu kondisi, hal ini terjadi alasannya yakni biasanya terdapat banyak pilihan opsi yang sanggup digunakan.
Untuk lebih jelasnya rekan sanggup melihat pola soal penggunanaan rumus IF dan Multi IF excel berikut ini
Contoh Rumus IF Excel
Dalam pola ini penggunaan rumus IF dipakai untuk penerimaan calon pegawai di perusahaan, dengan ketentuan calon pegawai harus memiliki nilai rata-rata diatas > 6 biar diterima, jadi bila nilai rata-rata di bawah 6 maka tidak diterima (gagal). yakni dengan menuliskan rumus hasil pada cell F7 =IF(E7>60;”Diterima”;”Gagal”) dan untuk cell di bawahnya rekan tinggal mencopy rumusnya.
Contoh Soal Multi IF Excel
Dasar Penilaian
A,Jika lebih besar dari 90 (90-100)
B,Jika lebih besar dari 80 (80-89)
C,Jika lebih besar dari 60 (60-79)
D,Jika lebih besar dari 0 (0-59)

Dari pola maka pada nilai abjad di cell E7 di tulis rumus =IF(B7<60;”D”;IF(B7<80;”C”;IF(B7<90;”B”;”A”))) 
dan untuk cell di bawahnya rekan tinggal mencopy rumusnya.
Note : dalam beberapa aktivitas office di beberapa komputer penggunaan “,” (koma) sebagai pembatas rumus tidak berfungsi. jadi bila terjadi menyerupai itu rekan sanggup mengganti “,” (koma) dengan “;” (titik koma) begitupun sebaliknya.

Related Posts