Cara Menciptakan Kekerabatan Antar Tabel Di Access

Jika kita menciptakan beberapa tabel dalam access biasanya kita juga perlu membuat korelasi antar tabel di access untuk menghubungkan field dari satu tabel ke tabel lain yang saling bekerjasama /berelasi dengan tabel satunya. korelasi antar tabel dalam suatu database ms access sudah menjadi hal yang paling sering dipakai oleh pengguna ms access, bila anda sedang mencar ilmu access mungkin juga menemui duduk perkara ini jikalau sudah menciptakan beberapa tabel dalam satu database access.
Dengan menciptakan korelasi antar tabel di access field-field data yang ada dalam tabel satu dapat di relasikan/dihubungkan dalam ms access. Maka dari itu jikalau kini anda lagi belajar access juga harus mempelajari menciptakan korelasi antar tabel di access ini. Bisanya untuk menciptakan korelasi antar tabel di ms access anda dapat membuatnya melalui query access.

Cara Membuat Relasi Antar Tabel di Access

1. Pastikan anda sudah menciptakan beberapa tabel yang salah satu diantara kedua tabel tersebut memiliki nama field yang sama, misal disini aku contohkan dalam tabel guru, tabel jadwal dan siswa memiliki field yang sama ialah kode_guru (antara tabel_jadwal & tabel_guru), nis (antara tabel_jadwal & tabel_siswa).
2. Buatlah query gres dengan menentukan tab hidangan Create >> Query Design, maka akan muncul semua tabel yang sudah pernah kita buat sebelumnya, anda seleksi dan masukkan tabel ke dalam query dengan klik tombol Add.

3. Jika semua tabel yang akan anda relasikan sudah dimasukkan ke dalam query maka biasanya akan secara otomatis field yang sama akan terelasi secara otomatis, ibarat gambar berikut

4. Namun jikalau tidak mau berelasi secara otomatis anda dapat memakai cara manual ialah dengan klik and drag (menggeser field yang sama dalam tabel 1 ke tabel satunya), jikalau sudah muncul tanda panah berarti koneksi/relasi antar tabel berhasil, namun jikalau muncul pesan error/tidak muncul panah korelasi berarti korelasi anda gagal.

5. Selanjutnya tinggal menampilkan field di bab bawah query dan jangan lupa untuk menyimpan/save query.

Related Posts