Mengatur Kecerahan Foto Dengan Levels Adjustment

Photoshop mempunyai beberapa pengaturan pada gambar (adjustment image), tetapi hanya sedikit yang sering digunakan. Diantaranya yakni perintah Level dan Curves  yang sering dipakai para professional untuk memperoleh hasil yang luar biasa. Anda mungkin perlu waktu untuk berguru dan latihan mengenai teknik-teknik editing professional ini, namun gambar Anda akan lebih powerfull kalau Anda menguasainya. Pada posting kali ini, saya hanya akan membahas levels adjustment terlebih dahulu. Namun, sebelum Anda melanjutkan, sebaiknya Anda membaca terlebih dahulu tips-tips sebelum melaksanakan koreksi warna dengan Photoshop semoga lebih memudahkan Anda nantinya.

Perintah Levels adjustment

Perintah levels berfungsi untuk mengoreksi rentang tonal (nada warna) dan persoalan keseimbangan warna. Dengan perintah ini, Anda sanggup mengoreksi dan mengatur kecerahan pada foto atau sebuah gambar. Selain itu, Anda juga sanggup melaksanakan koreksi warna secara manual dengan menentukan titik putih dan hitam dalam gambar. Hampir setiap gambar akan menjadi lebih baik dengan pembiasaan levels.

Untuk memahami Levels, Anda harus bisa membaca histogram. Grafik ini berfungsi sebagai panduan visual untuk menyesuaikan gambar. Penyesuaian Levels mempunyai histogram tersendiri yang akan terlihat ketika kita bekerja pada Adjustment panel. Jika Anda ingin memunculkan panel histogram ini, klik hidangan Window > Histogram dan biarkan terbuka ketika Anda melaksanakan koreksi untuk membantu Anda melihat persoalan warna dan kontras pada gambar. Anda juga sanggup memperluas panel histogram dengan mengklik submenu dan pilih All Channel View

Langkah-langkah untuk mengatur kecerahan foto

Untuk lebih memahami mengenal levels adjustment ini, Anda bisa lakukan laithan berikut untuk mengatur kecerahan foto yang diambil ketika cahaya terlalu jelas pada siang hari.

  1. Download dan bukalah gambar berikut di Photoshop Anda.
     Photoshop mempunyai beberapa pengaturan pada gambar  Mengatur Kecerahan Foto dengan Levels adjustment
    (Klik untuk memperbesar)
  2. Tambahkan sebuah Levels adjustment layer dengan mengklik ikon Levels pada Adjustment panel. Levels juga ada pada hidangan Adjustment (Image > Adjustment), namun dengan memakai Adjustment layer, proses modifikasi akan lebih fleksibel kedepannya.
     Photoshop mempunyai beberapa pengaturan pada gambar  Mengatur Kecerahan Foto dengan Levels adjustment
  3.  Photoshop mempunyai beberapa pengaturan pada gambar  Mengatur Kecerahan Foto dengan Levels adjustment

    Foto ini diambil di bawah cahaya yang banyak, tapi Anda sanggup mengatur kembali titik-titik hitam dan putih pada gambar untuk memperbaiki paparan cahaya. Pada Adjustment layer, pindahkan slider putih ke kiri. Ini akan mempengaruhi titik putih gambar dan memungkinkan Anda untuk menetapkan kembali dimana warna putih harus dimulai pada gambar.

  4. Geser slider hitam secara perlahan ke kanan. Semakin Anda menggeser slider, semakin besar pula kontras dimasukkan dalam pada gambar.
  5. Yang besar lengan berkuasa besar sebetulnya yakni slider yang di tengah (abu-abu). Dengan menggeser slider ini, Anda sanggup memodifikasi pengaturan gamma. Anda sanggup memakai slider di tengah ini untuk mengubah intensitas midtone secara efektif. Penyesuaian ini tidak akan menciptakan perubahan besar pada highlight dan bayangan, dan memungkinkan Anda sanggup mengekspos gambar dengan lebih baik. Geser slider ke kiri untuk menambah cahaya, dan geser ke kiri untuk mengurangi cahaya. 
  6. Gambar tersebut akan menjadi lebih cerah menyerupai ini.
     Photoshop mempunyai beberapa pengaturan pada gambar  Mengatur Kecerahan Foto dengan Levels adjustment
  7. Jika kedepannya Anda perlu untuk mengedit adjustment, cukup dengan menentukan adjustment layer pada Layers panel dan lakukan perubahan pada Adjustment layer.

Tips:
Jika Anda mempunyai beberapa gambar dari kamera atau dengan cara pengambilan yang sama, Anda mungkin memerlukan pengaturan Levels yang sama pula. Untuk menyimpan pengaturan Lavels, Anda sanggup memakai tombol Save. Untuk menggunakannya, Anda tinggal mengklik tombol Load untuk melaksanakan pembiasaan pada gambar lain.

Related Posts