Perbedaan Warna Rgb Dan Cmyk – Menghindari Keslahan Saat Akan Produksi

Ketika kita final mendesain, biasanya desain kita akan kita memproduksi dan kebanyakan orang awam dalam mendesain, desain yang kita cetak itu tidak memerhatikan Primery Color Mode/Color Mode. Sebaik nya sebelum menyebabkan desain tersebut menjadi format JPG/PNG desain tersebut mau kita cetak gambar exs : banner, poster dll, atau kita letakkan di dekstop exs : di upload di sosial media. Hal yang harus di perhatikan saat mencetak yaitu di Color Modenya harus berupa RGB atau CMYK

Pengertian Desain Bitmap dan Desain Vektor

Adapun warna RGB dan CMYK, secara sederhana dapat kita jelaskan menyerupai ini :

Warna RGB yaitu model warna additive yang bertujuan sebagai penginderaan dan presentasi gambar dalam tampilan visual pada peralatan elektronik menyerupai komputer, televisi dan fotografi. Warna RGB difungsikan untuk tampilan di monitor komputer alasannya warna latar belakang komputer yaitu hitam. Jadi, R = Red (merah) G= Green (hijau) dan B = Blue (biru) sebagai warna dasar difungsikan untuk membuatkan intensitas cahaya untuk mencerahkan warna latar belakang yang gelap (hitam).

Sedangkan CMYK yaitu warna yang dikenal dalam proses printing dan percetakan. Terdiri dari C = Cyan, M = Magenta, Y = Yellow, dan K = Black. Warna CMYK dipakai untuk tampil seimbang dengan latar belakang putih dari materi cetak menyerupai kertas dan lain-lain.

Warna RGB biasanya dipakai untuk desain web/situs, di upload ke sosial media, atau di letakkan di dekstop (Pc, Laptop, Smartpone dll), alasannya warna yang di hasilkan terang dan cukup jelas, dan besarnya kapasita untuk warna RGB cukup kecil.

Sedangkan warna CMYK jikalau di gunakan untuk dekstop maka warna yang di hasilkan tidaklah memuaskan biasanya wanya sedikit berbeda saat kita mendesain dengan warna yang sudah kita jadikan jpg/png dan kita letakkan di dekstop, yaitu warnanya sedikit lebih terang dan buruk jikalau di lihat.

Jikalau kita akan menciptakan banner, poster dan lain-lain warna CMYK lah yang sempurna kita gunakan untuk mencetak Banner, poster dan lain-lain, alasannya warna yang di hasilkan sama dengan warna desain yang kita buat, akan tetapi sebaliknya jikalau kita letakkan di deksto warna itu tidak lah terang se terang warna RGB.

Berikut beberapa cara konversi model warna dari RGB ke CMYK di beberapa software desain grafis :

Adobe Photoshop
Pada sajian kafetaria pilih: Image > Mode > CMYK

Adobe Illustrator
Pada sajian kafetaria pilih: File > Document color mode > CMYK color

CorelDRAW
Pilih masing-masing objek yang akan dikonversi. Pilih Fill tool dan klik Fill Color Dialog. Pastikan model warna yaitu CMYK. Untuk setiap objek dengan garis/outline : Pilih Outline tool dan klik Outline Color Dialog. Pastikan model warna yaitu CMYK.

Semoga bermanfaat…

Related Posts