Sejarah Perkembangan Coreldraw Dari Tahun Ke Tahun

Banyak yang faham dengan Software Coreldraw, yaitu sebuah software yang dipakai untuk keperluan desain grafis. Sotfware ini sendiri sangat banyak diminati terutama oleh para perancang grafis atau desainer grafis alasannya lebih gampang dipakai untuk mendesain, menyerupai mendesain logo perusahaan, stationery, poster, banner, packaging dan masih banyak yang lainnya. Terbukti dengan semakin bertambahnya pengguna Software grafis lain yang berhijrah memakai CorelDRAW.

SEJARAH PERKEMBANGAN CORELDRAW DARI TAHUN KE TAHUN

Corel Corporation awalnya didirikan oleh Dr. Michael Cowpland pada tahun 1985, pada tahun 1987 Corel merekrut beberapa orang Programer atau pengembang software untuk membangun sebuah software grafis berbasis vector untuk di jadikan satu dengan paket Desktop-publishing Corel. aktivitas tersebut yang jadinya di beri nama CorelDRAW.

CorelDRAW pertama kali di luncurkan pada tahun 1988, CorelDRW di terima luas oleh masyarakat dan jadinya corel hanya fokus pada pengembangan software. Produk dari Corel Corporation ini sendiri telah di gunakan oleh lebih dari 50 juta orang di seluruh dunia.

1. CorelDRAW Versi 1.0 (1988)
CorelDRAW Versi 1.0 ini berjalan di bawah windows 3.0 dan 3.1 CorelDRAW ditransformasikan kedalam ilustrasi serius yang bisa memakai font. Instalasi software ini hanya memakai 2 disket 3.5 inch. Software ini sudah memadai untuk menciptakan kartu undangan, kartu nama, logo, dan kop surat. Di versi ini sering mengalami perombakan ulang hingga menempuh 5 kali update dalam jangka waktu 1 januari 1989 hingga 2 februari 1990.

2. CorelDRAW Versi 2.0 (1990)
Dalam Versi 2.0 banyak fitur gres antara lain Envelope Tool (Untuk memecah teks atau objek memakai shape utama), Extrusion (untuk mensimulasi gambar dan volume dalam objek) dan Perspective (Untuk memecah objek sepanjang sudut X dan Y menjadi bidang yang perspective).

3. CorelDRAW Versi 2.5 (1992)

4. CorelDRAW Versi 3.0 (1992)
Di versi ini corelDRAW melakukaan perbaikan di efisiensi memory sehingga kinerja corelDRAW bisa lebih cepat. Kini desain sanggup dilihat / di preview secara real-time tanpa harus tampilan wireframe lagi. Corel PHOTO-PAINT juga diluncurkan pada versi ini.

5. CorelDRAW Versi 4.0 (1993)
Pada versi 4.0 ini corelDRAW sudah dilengkapi dengan multi-page. Kemampuannya ditingkatkan sebagai software desktop publishing menyerupai Page Maker. Hanya saja di versi ini harus dibayar dengan penggunaan Resource computer yang lebih tinggi.

6. CorelDRAW Versi 5.0 (1994)
CorelDRAW versi ini tidak mengecewakan terkenal dan cukup usang dipakai oleh para Desainer Grafis alasannya dilengkapi dengan Colour Management, Kalibrasi Layar, Printer, Scanner, Effect Powerclip, Artistic Media, Lens dan Bitmap Effect. Hanya saja versi ini hanya bisa menyimpan file dengan jumlah nama maksimal 8 karakter.

7. CorelDRAW Versi 6.0 (1996)
Karena dengan hadirnya Windows 95, CorelDRAW versi 32-bit ini pun diubahsuaikan biar bisa berjalan baik disistem operasi gres tersebut. Dalam versi ini tidak banyak fitur gres yang ditambahkan.

8. CorelDRAW Versi 7.0 (1997)
CorelDRAW Versi 7.0 ini lebih stabil dari versi sebelumnya. Banyak fitur gres yang ditambahkan, antara lain :
– Keunggulan dari setiap versi sebelumnya
– Properti kafe yang sensitif (Context-sensitive Property bar)
– Print Preview dengan Zoom dan Pan
– Scrapbook (untuk melihat, menggeser dan menempatkan objek)
– mencetak ke dalam HTML
– Draft dan Enhanced display
– Interactive Fill dan Blend tools
– Transparency tools
– Natural Pen tool
– Find & Replace wizard
– Merubah vector menjadi Bitmap (Convert To Bitmaps)
– Pengecek Ejaan (Spell Checker)
– Kamus (Thesaurus) dan pengecek susunan bahasa (Grammar Checker)
– Corel Scan and Corel Barista (Dokumen Pertukaran Format Berbasis Java) juga termasuk dalam versi ini.
Versi ini lebih cepat dari yang sebelumnya dan tidak perlu upgrade hardware untuk memakai aplikasi ini.a

9. CorelDRAW Versi 8.0 (1998)
CorelDRAW versi ini hadir dengan fitur Drop Shadow, Distortion Tools, dll. Tapi dibutuhkan spek hardware yang besar khususnya memory untuk bisa menggunakannya dengan lancar dan stabil

10. CorelDRAW Versi 9.0 (1999)
– CorelDRAW Versi 9.0 ini mempunyai fitur pemanis di antaranya :
– CorelR.A.V.E. (Untuk Animasi vector)
– Perfect Shapes
– Web Graphics Tools (untuk menciptakan element-elemen yang interaktif menyerupai button Html)
– Penyortir Halaman (Page Sorter)
– Dokumen Multibahasa (Multilingual Document Support)
– Petunjuk windows (Navigator Windows)

11. CorelDRAW Versi 10.0 (2000)
Pada versi 10.0 ini terdapat versi pemanis menyerupai : Buka, Simpan, Import dan Eksport dalam format SVG.

12. CorelDRAW Versi 11.0 (2002)
Fitur gres dalam CorelDRAW versi 11.0 ini yaitu : Kumpulan simbol-simbol yang pribadi sanggup diambil, Pemotong Gambar <(Untuk Desain Web), Pressure-Sensitive, vector brushes, 3 Point-Curve(Untuk Menggambar).

13. CorelDRAW Versi 12.0 (2003)
Pada CorelDRAW 12.0 ditambahkan fitur yang biasa ada di AutoCAD menyerupai Dynamic Guideline danSnap to Object sehingga menggambar akan lebih presisi dan sempurna. Namun proses print pada versi ini sangat lambat.

14. CorelDRAW Versi X3 (2005)
– Fitur gres dari versi ini yaitu :
– Shapping Tools memotong dengan mengklik 2 kali (software vector pertama yang bisa untuk – – – memotong sebuah grup vector dan bitmap dalam waktu yang sama)
– Smart fill tool
– Chamfer/Fillet/Scallop/Emboss tool
– Ruang {engaturan Gambar (Image Adjustment Lab)
– Menjiplak/Trace menjadi terintegrasi didalam CorelDRAW dibawah kendali PowerTRACE

15. CorelDRAW Versi X4 (2008)
versi ini dibentuk untuk mengatasi kompatibilitas dengan Windows Vista. beberapa fitus juga ditambahkan menyerupai : Layanan pengidentifikasi abjad (font) terkait didalam CorelDRAW, ConceptShare, Table tool, independent page layers, live text formatting, mendukung file kamera *.RAW

16. CorelDRAW Versi X5 (2010)
Versi ini kompatible dengan processor multicore dan Sistem Operasi Windows 7.
Fitur tambahannya yaitu :
pengaturan isi (Corel CONNECT), Pengelolaan Warna, Alat-alat Grafis dan Animasi, pengembangan Kinerja Multi-core, Konten Digital Bernilai Tinggi (profesional huruf/fonts, clip arts, dan foto-foto), Pengisyaratkan objek (Object Hinting), pixel view, Mesh tool ditingkatkan dengan fitur transparansi, menambahkan pemberian sentuh (Added Touch Support), dan mendukung banyak sekali format file.
Corel dalam versi ini juga telah menyebarkan Tool Transform yang mana sanggup menciptakan banyak salinan dari satu objek.

17. CorelDRAW Versi X6 (2012)
Dirilis pada tanggal 20 maret 2012. Versi ini telah tersedia 2 versi, yaitu 32-bit dan 64-bit, tidak banyak fitur yang ditambahkan kedalam versi ini, hanya beberapa penyempurnaan dari fitur sebelumnya.

18. CorelDRAW Versi X7 (2014)
Dalam versi X7 ini CorelDRAW hadir dengan banyak sekali perubahan dibanding versi sebelumnya. diantaranya, Desain Interface yg sanggup diubahsuaikan secara penuh dengan mengambil konsep Metro Desain. Workspace lebih interaktif, fill & transparency tool yang bisa dikontrol sesuai keinginan.
Kemudahan untuk menentukan font dengan tampilan yg lebih nyaman, terdapat special effect pada photo editing, layout dan drawing tool yg lebih presisi, pemberian terhadap resolusi tinggi dan multi-display, terdapat QR code generator dan beberapa perbaikan serta peningkatan baik itu pada desain maupun kinerja.

19. CorelDRAW Versi X8 (2016)
Untuk versi ini belum tersedia, namun kabar yang beredar menyebutkan bahwa CorelDRAW X8 akan dirilis pada kuartal Maret 2016 nanti, dan akan ada lebih banyak perubahan dan penyempurnaan dari segi tools, desain, maupun kinerjanya.

Semoga bermanfaat …

Related Posts