Tata Cara Memasang/Menginstal Plugin Di Photoshop Yang Benar

Cara Memasang Plugin di Photoshop – Photoshop merupakan software editing foto yang amat canggih dan dilengkapi dengan banyak fitur. Karena kecanggihannya tersebut kebanyakan orang, terutama di Indonesia menentukan aplikasi ini untuk kebutuhan editing foto dan digital imaging. Karena kebutuhan desain amat beragam, kesannya banyak produsen yang menciptakan aneka macam jenis plugin atau fitur perhiasan yang compatible atau sanggup dimasukkan ke dalam software adobe photoshop. Jenis plugin pun ada bermacam-macam salah satu yang paling sering dipakai yaitu plugin filter. Karena plugin merupakan salah satu fitur perhiasan maka untuk menambahkannya anda harus mendownloadnya terlebih dahulu. Anda sanggup menemukan aneka macam jenis plugin dan mendapatkannya secara gratis lantaran memang sudah banyak tersebar di aneka macam situs.
 Photoshop merupakan software editing foto yang amat canggih dan dilengkapi dengan banyak  Tata Cara Memasang/Menginstal Plugin di Photoshop yang Benar
Source: Google Images
Setelah anda mendownload plugin photoshop yang anda butuhkan, tentu anda tidak sanggup lengsung menggunakannya di dalam photoshop. Ada cara-cara yang harus anda tempuh untuk menginstal atau memasang plugin ke dalam software photoshop biar sanggup anda gunakan untuk membantu proses editing. Nah, tutorial photoshop kali ini akan menawarkan klarifikasi kepada anda perihal bagaimana cara memasang plugin photoshop yang benar. Sehingga anda sanggup memakai plugin tersebut tanpa mengalami problem yang disebabkan oleh kesalahan proses instalasi. Yuk mari kita simak bersama langkah-langkah pemasangan plugin photoshop berikut ini:

Tutorial Cara Menginstal Plugin di Photoshop

 

Cara Pertama: Temukan folder plugin pada komputer anda

 

Plugin photoshop mempunyai folder tersendiri di dalam komputer anda. Folder tersebut merupakan salah satu sub-folder yang terdapat dalam folder dimana anda menginstal photoshop tersebut. Jika anda menginstal software photoshop pada Local disk C dalam komputer anda, maka alamat folder plugin photoshopnya kurang lebih ibarat ini:
C:\Program Files\Adobe\Photoshop 7.0\Plug-ins\
Namun apabila anda kesulitan untuk menemukan lokasi folder tersebut, anda sanggup memanfaatkan fitur search pada komputer anda untuk mencarinya. Ketikan saja “Plug-ins” kemudian tunggu hingga komputer menemukan folder tersebut.
Barulah sehabis itu anda instal plugin tersebut dengan mengatur lokasi instalasi pada folder plugin yang sudah anda cari sebelumnya. Biasanya saat anda menginstal sebuah plugin untuk photoshop anda akan diberikan kesempatan untuk menentukan lokawsi instalasi dari plugin tersebut. Setelah selesai di instal, restart komputer anda kemudian periksa pada software photoshop anda apakah plugin tersebut sudah terpasang. Jika belum, mungkin anda sanggup mencoba cara instalasi yang kedua.

Cara Kedua: Mengatur folder perhiasan untuk plugin

 

Cara lain yang sanggup anda lakukan yaitu dengan melaksanakan pencarian folder eksklusif dari aplikasi photoshopnya. Di dalam aplikasi photoshop, pilih hidangan Edit>Preferences>Plug-ins & Scratch Disks… Lalu pada jendela yang muncul, pastikan bahwa kolom Additional Plug-Ins Directory telah dicentang. Kemudian anda sanggup mengklik tombol Choose dan mencari dimana lokasi anda menginstal plugin. Dengan cara ini anda sanggup membantu photoshop untuk menentukan lokasi plugin. Setelah itu silahkan anda restart komputer anda. Lalu jalankan aplikasi photoshop dan periksa apakah kini plugin yang anda instal sudah sanggup diakses melalui photoshop.
 Photoshop merupakan software editing foto yang amat canggih dan dilengkapi dengan banyak  Tata Cara Memasang/Menginstal Plugin di Photoshop yang Benar
Source: Google Images
Jika kedua cara memasang plugin di photoshop di atas telah anda coba dan masih belum berhasil, mungkin saja plugin yang anda download tidak sesuai dengan versi photoshop yang anda miliki. Atau mungkin file tersebut corrupt. Cbalah periksa kembali apakah plugin tersebut memang sesuai dengan versi photoshop yang ada di dalam komputer anda atau tidak. Lalu cobalah untuk menginstal plugin tersebut kembali. Semoga berhasil.

Related Posts